Kinerja Komputasi Dengan Parallel Processing

Di artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang “Apa itu komputasi dan Apa itu komputasi modern”. Dan sekarang berhubung kita sudah tau dan jelas dengan komputasi, maka yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana kinerja/kekuatan komputasi itu dengan pemrosesan parallel (parallel processing).

Tapi sebelum membahas tentang kinerja komputasi itu, sebaiknya kita refresh otak sedikit dulu yak tentang pengertian komputasi biar pembahasan kali ini jadi bener-bener nyambung dan dapat dimengerti. Ayo simaaaaaaaaaakk!!

 

Komputasi itu bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma yang berhubungan dengan sub-bidang ilmu computer dan matematika. Hal ini juga disebut dengan teori komputasi. Secara umum iIlmu komputasi ini merupakan bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).

Seperti yang sudah diberi tahu sebelumnya, komputasi berasal dari bahasa inggris computing dan computation. COMPUTING artinya suatu aktifitas yang menggunakan atau memperbaiki hardware dan software, sedangkan COMPUTATION artinya suatu cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Jadi kesimulannya KOMPUTASI adalah suatu aktifitas untuk menemukan pemecahan permasalahan dengan suatu algoritma dengan menggunakan hardware dan software yang ada. Dan sekarang sudah tidak mungkin dipungkiri lagi, komputasi sudah dilakukan dengan menggunakan bantuan computer.

Jadi jika kita berbicara tentang kinerja komputasi, berarti kita bebrbicara tentang kekuatan/kualitas sikomputasi tadi dalam menemuan suatu pemecahan masalah dengan suatu algoritma menggunakan hardware dan software yang telah ada.

Sekarang saatnya kita untuk tau “Apa sih Parallel Prcessing itu????”.

 

Parallel Processing atau lebih dikenal dengan bahasa Indonesia Pemrosesan Parallel adalah penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Jadi dapat dibayangkan bagaimana hasil kerjaan kita jika menggunaan pemrosessan parallel. Sudah pasti kerjaan tersebut cepat terselesaikan karena CPU yang bekerjapun banyak. Berarti parallel processing ini membuat program berjalan lebih cepat karena CPU yang digunakan semakin banyak. Tetapi kenyataannya, pada saat dilakukan pemrosesan parallel, program sering kali sulit dibagi sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbeda-beda tanpa adanya saling keterkaitan antara satu dan yang lainnya.

Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanya komputasi parallel ini diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini maka diperlukanlah infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman parallel untuk merealisasikan komputasi.

Pemrograman paralel adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah/operasi secara bersamaan (komputasi parallel) baik dalam komputer dengan satu processor (prosesor tunggal) ataupun banyak processor (prosesor ganda dengan mesin paralel) CPU. Bila komputer yang digunakan secara bersamaan tersebut dilakukan oleh komputer-komputer terpisah yang terhubung dalam suatu jaringan komuter, maka hal ini lebih sering disebut dengan istilah Sistem Terdistribusi (distributed computing).

Rata-rata computer yang ada sekarang ini hanya mempunyai satu CPU saja, walaupun ada juga beberapa computer yang memiliki lebih dari satu CPU. Bisa dua, tiga, empat dan bahkan ribuan CPU. Nah, yang jadi permasalahannya sekarang ini adalah, bagaimana caranya computer yang mempunyai satu CPU saja bisa melakukan parallel processing?? Kan parallel processing tersebut mengunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah rogram secara bersama-sama. Dan perlu diingat ya, kalau “parallel processing” ini berbeda dengan “multitasking”. Kalau Multitasking itu artinya memproses beberapa program sekali gus dalam satu CPU. Nah sudah jelas beda kan antara PARALLEL PROCESSING dengan MULTITASKING.

Sekarang kita balik lagi kepembahasan bagaimana caranya computer yang mempunyai satu CPU saja bisa melakukan parallel processing?? Jawabannya gampang saja kok. Komputer dengan satu CPU tersebut tinggal dihubungkan saja ke komputer lainnya dengan menggunakan jaringan sehingga parallel processing pun bisa dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa parallel processing ini memerlukan software canggih yang disebut dengan distributed processing software.

Tujuan utama dari pemrograman paralel adalah untuk meningkatkan performa komputasi. Dimana semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama), maka semakin banyak pula pekerjaan yang bisa diselesaikan.

 

Dan sekarang kesimpulannya bahwa Paralel prosessing komputasi adalah proses atau pekerjaan komputasi di komputer dengan memakai suatu bahasa pemrograman yang dijalankan secara paralel pada saat bersamaan. Secara umum komputasi paralel ini diperlukan untuk meningkatkan kecepatan komputasi bila dibandingkan dengan pemakaian komputasi pada komputer tunggal. Penggunaan komputasi parallel prosessing pun merupakan pilihan yang cukup bagus pada saat ini untuk menangani pengolahan data yang besar dan banyak.

 

 

Selanjutnya perbedaan antara komputasi tunggal dan komputasi parallel dapat dilihat ada gambar berikut ini:

Komputasi tunggal

 

Komputasi parallel

 

Jadi dari sekian panjang pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa:

1.      Pengolahan Parallel adalah pengolahan informasi yang menekankan pada manipulasi data-data elemen secara simultan.

2.      Pengolahan Parallel dimaksudkan untuk mempercepat komputasi dari sistem komputer dan menambah jumlah keluaran yang dapat dihasilkan dalam jangka waktu tertentu.

3.      Pengolahan Parallel merupakan pengolahan informasi yang ditekankan pada manipulasi elemen data yang dimiliki oleh satu atau lebih dari satu proses secara bersamaan dalam rangka menyelesaikan sebuah problem.

 

Nah sekarang berarti kita semua sudah tau kan bagaimana kinerja komputasi jika dikaitkan dengan parallel processing. Sampai ketemu lagi ya di artikel yang berikutnya.. Bye byeeeeeeeee……… ^_^

 

 

Sumber:

http://www.scribd.com/doc/40938360/Makalah-Arkom-Paralel-Processing

http://mmullyati.110mb.com/index.html