PENGARUH DAN PERANAN TI TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE DI INDONESIA

Teknologi Informasi atau seperti yang sering kita dengar dengan nama TI sangat berperan penting bagi kehidupan manusia saat ini.  Dimana TI ini tidak pernah diam ditempat, dia terus dan terus saja berkembang. Perkembangan itu terus berjalan seiring dengan perkembangan peradaban manusia yang sangat dipicu oleh kebutuhan informasi secara cepat, tepat dan teliti. Perkembangan TI yang pesat ini, misalnya saja seperti perkembangan infrastruktur TI (hardware, software, teknologi komunikasi dan teknologi penyimpanan data). TI yang telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan sector kehidupan manusia, juga memberikan andil yang besar pula terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, transportasi, kesehatan dan penelitian. Contoh dari TI yang lainnya adalah telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

 

Istilah teknologi informasi sendiri mulai terkenal dan populer di akhir tahun 70-an. Mulanya istilah teknologi informasi ini biasa disebut dengan teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital.

 

Dengan perkembangan TI yang pesat tadi, telah menghantarkan kehidupan manusia kepada aktifitas yang berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tanpa disadari semuanya telah didukung oleh TIK, baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga menuntuk kita untuk merubah cara pandang dalam menjalani hidup, cara kita belajar, cara kita bekerja, cara kita bermain dan cara kita bersosialisai.

 

Ada beberapa penerapan TI dalam aspek kehidupan, seperti :

  1. Penerapan TIK dalam Dunia Bisnis

Kalau dilihat dari segi bisnis, tidak usah pikir jauh-jauh. Seperti pembahasan pada artikel sebelumnya ada tentang pembahasan bisnis online. Itu adalah salah satu contoh penerapan TIK dalam dunia bisnis. Bisnis online yang biasa disebut dengan e-commerce sudah pasti tidak asing lagi ditelinga kita. Setiap kali membuka internet dan browsing di internet, banyak sekali iklan-iklan melalui web yang menawarkan berbagai jenis produk yang diperjual belikan secara online. Peranan TIK secara tidak langsung telah membuat bisnis online di Indonesia berkembang. Melalui TIK, kita bisa belajar bagaimana cara bekerja dengan bisnis yang dilakukan secara online ini, bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan, bagaimana cara memberikan tampilan yang indah dan menarik serta info yang akuran tentang produk yang dijual agar para pelanggan tertarik dan berminat untuk membelinya.

Selain itu dengan adanya TIK yang telah menciptakan ada ­e-commerce, maka para pe-bisnis tidak perlu lagi mencari kios/tempat untuk melakukan bisnis jual beli, karena seperti yang diketahui bahwa ber-bisnis secara online ini  hanya membutuhkan computer dan koneksi internet saja. Tidak perlu lagi adanya pengeluaran untuk membayar karyawan karena bisnis online ini tidak membutuhkan karyawan khusus.

 

Selain penerapan TIK dalam dunia bisnis, masih banyak lagi penerapan TIK dalam bidang-bidang yang lain. Misalnya saja penerapan TIK dalam bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang komunikasi dan pemerintahan. Tapi karena pada tugas ini hanya diminta dalam dunia bisnis saja, jadi saya tidak menjabarkan yang lainnya. sekarang kita masuk saja kepada pengaruh perkembangan TI terhadap bisnis online di Indonesia.

 

Pengaruh perkembangan TI terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia adalah:

1. Media yang dapat menghemat biaya

Maksudnya disini adalah seperti penjelasan pada artikel-artikel sebelumnya. Melalui bisnis online, kita bias menghemat tenanga, waktu, pikiran dan pemampatan biaya menjadi seminimal mungkin karena kita tidak memerlukan karyawan lagi, tidak perlu sewa tempat untuk dijadikan took, tidak perlu membayar jasa kurir antar lagi.

 

2. Internet sebagai media komunikasi

Dengan adanya pemanfaatan TI dalam dunia bisnis online seperti pada e-commerce, maka antara penjual dan pembeli bias saling berinteraksi tanpa harus bertatap muka langsung dan datang ke took. Mereka cukup menuliskan apa yang mereka ingin katakana pada kotak comment. Alhasilnya, pembeli bisa langsung bertemu dan ngobrol dengan penjual sehingga penjual bias menanyakan tentang kondidi produk yang ingin dibeli dan penjual pun bisa langsung promosi kepada pembeli.

 

3. Media untuk mencari informasi atau data

Melalui internet, pembeli bisa langsung mencari informasi yang ia butuhkan dengan serch saja. Jadi pembeli tidak akan merasa dirugikan jika ia ingin membeli produk yang ada di toko online.

 

4. Media pendidikan/belajar

Dengan bisnis secara online ini, penjual pasti akan membuat tampilan web-nya menjadi seindah mungkin, dan informasi yang akurat mengenai produk-roduk yang dijual agar para pembeli tertarik dan terkesan. Membuat indah tampilan web dan menampilkan informasi yang nagus juga tidak sembarangan. Oleh karena itu penjual bisa langsung belajar dengan adanya kondisi seperti ini.

 

5. Media untuk berdagang

Sudah pasti dengan adanya bisnis online kita bisa berdagang dengan memanfaatkan T.I.

 

Itulah sedikit pembahasan tentang pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia. Semoga ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi yang membacanya walaupun pembahasannya hanya sedikit.. Amin!!

Sampai ketemu di artikel saya berikutnya ya..

Bye bye… Smangaaaaaaaaaaaaaaatt!!! (-_^)

Iklan