PENDAHULUAN DAN PENGENALAN TENTANG E-COMMERCE


E-Commerce merupakan singkatan dari Electronic  Commerce. Ada banyak arti dari e-commerce itu sendiri, diantaranya adalah menurut para ahli juga. Tapi yang paling penting disini adalah tentang persamaan-parsamaan e-commerce yang ada. Diantaranya adalah :

  1. e-commerce melibatkan lebih dari satu perusahaan dan dapat diaplikasikan hampir di setiap jenis hubungan bisnis.
  2. e-commerce mengizinkan untuk menjual produk-produk dan jasa secara online.

 

Hanya dengan membuat website, perdagangan pun tidak hanya bisa dilakukan dengan langsung datang dan bertatap muka antara sipembeli dengan si penjual. Tapi melalui website ini perdagangan secara online bisa dilakukan. Jual beli produk pun bisa dilakukan dengan baik. Website yang dibuat tidak hanya sebatas memberikan informasi saja kepada konsumen mengenai perusahaan/perorangan/penjual dan apa yang ditawarkan oleh perusahaan/perorangan/penjual tersebut,. Tapi sekarang dengan mengunjungi website tersebut, pembeli bisa menmukan, melihat, membaca, memesan dan membayar produk-produk yang diinginkan secara online.

 

Beberapa pengertian tentang e-commerce:

  1. jadi dapat disimpulkan bahwa e-commerce itu adalah perdagangan yang dilakukan secara online tanpa harus mempertemukan antara sipenjual dan sipembeli.
  2. Menurut Robert E. Johnson, e-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.
  3. Menurut Gary Coulter dan John Buddemeir (E-commerce Outline): e-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk, yang semuanya dikerjakan melalui internet. Beberapa perusahaan memilih untuk menggunakan kegiatan bisnis ini sebagai tambahan metode bisnis tradisional, sementara yang lainnya menggunakan internet secara eksklusif untuk mendapatkan para pelanggan yang berpotensi.
  4. Menurut Donna Perry, pengertian e-commerce sangat sederhana yaitu kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, fax, telefon, dsb.
  5. Pada website Planet web e-commerce Solutions, e-commerce memiliki arti bahwa sebuah website dapat menjadi sebuah modal bagi perusahaan, dimana website tersebut dapat menghasilkan uang dan dapat menggambarkan perusahaana dan diinternet padasaat yang bersamaan.
  6. Pada website ECARM (The Society For Electronic Commerce And Rights Management) dijelaskan bahwa e-commerce secara umum menunjukkan seluruh bentuk transaksi yang berhubungan dengan aktifitas-aktifitas perdagangan, termasuk organisasi dan perorangan yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data dijital termasuk teks, suara, dan gambar-gambar visual (OECD, 1997).

 

Ada 2 jenis perusahaan yang berbisnis  di  internet:

  1. Perusahaan yang tidak mempunyai toko untuk berbisnis seperti biasanya dengan cara tradisional. Ia semata-mata hanya berada di internet. Contohnya: amazon.com dan cdnow.com.
  2. Sedangkan jenis perusahaan lainnya menggunakan e-commerce di internet sebagai pengganti kegiatan bisnis yang ada. Perusahaan ini mempunyai toko untuk berbisnis secara tradisional. Ia tidak hanya mengandalkan website saja. Contohnya: Barnes dan Noble. Selain menjual buku-buku di tokonya ke negara lain, Barnes dan Noble mengoperasikan website-nya dimana konsumen  dapat  mencari  buku-buku  yang  menarik   baginya   untuk  dibeli,  dan kemudian mereka dapat memesannya melalui website tersebut.

 

Pada proses e-commerce terjadi efisiensi pada penggunaan fax, pencetakan dokumen, entry  ulang dokumen, serta jasa kurir. Efisiensi tersebut akan memperlihatkan adanya pengurangan biaya dan waktu/kecepatan proses. Kualitas transfer data juga menjadi lebih baik, karena tidak dilakukannya entry ulang yang memungkinkan terjadinya human error.


Masalah yang mampu ditangani oleh e-commerce adalah sbb:

  • OTOMATISASI ==> Proses  otomatisasi ini akan menggantikan proses manual (“enerprise resource planning” concept)
  • INTEGRASI ==> Proses yang terintegrasi akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses (“just in time” concept)
  • PUBLIKASI ==> Publikasi akan memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan (“electronic cataloging” concept)
  • INTERAKSI ==> Dengan interaksi, proses pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak  yang akan meminimalkan “human error” (“electronic data interchange/EDI” concept)
  • TRANSAKSI ==> Transaksi adalah kesepakatan antara 2 belah pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran (“electronic payment” concept)

 

MANFAAT E-COMMERCE BAGI PENGGUNA BISNIS SECARA ONLINE

Keuntungan e-commerce dilihat dari sisi bisnis :

  • Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan-pelanggan yang ada di seluruh dunia dengan melakukan kegiatan bisnis secara online. Jadi dapat dilihat bahwa semakin luas bisnis yang mereka lakukan, maka sama saja dengan meningkatkan keuntungan yang didapatkan. Pelaku bisnis dapat mengumpulkan informasi mengenai para pelanggannya melalui penggunaan cookies. Cookies adalah file kecil yang terdapat di dalam hard disk pemakai. Saat pemakai/calon pelanggan tersebut memasuki sebuah website, maka cookies membantu operator website tadi untuk mengumpulkan informasi mengenai kebiasaan  membeli yang dilakukan oleh sekelompok orang. Informasi yang terlihat biasa saja ini, sangat tidak terhingga harganya bagi bisnis karena dengan informasi yang didapatkan tadi, maka pelaku bisnis dapat membuat target periklanannya menjadi lebih baik dengan informasi yang lebih menarik.
  • Keuntungan lainnya adalah pengurangan sejumlah biaya tambahan yang ditawarkan oleh e-commerce. Pada perusahaan yang melakukan bisnis secara online di internet akan mengalami pengurangan biaya tambahannya karena biaya tersebut tidak digunakan lagi untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service). Hal ini juga membantu perusahaan dalam meningkatkan keuntungannya. Salah satu contoh jenis bisnis yang mengambil keuntungan dari e-commerce adalah perbankan.
  • Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya, bisa menajangkau pasien di daerah pedesaan.

Jadi kesimpulannya jika dibandingkan dengan jenis bisnis secara tradisional, maka berbisnis di internet secara online jauh lebih menguntungkan.

 

Keuntungan e-commerce bagi konsumen :

Jika dilihat dari sisi konsumen, sama saja halnya dengan bisnis yang menginginkan keuntungan yang besar dari e-commerce. Konsumen pun juga begitu yang juga berkeinginan mengambil keuntungan yang besar dari seluruh kemungkinan yang ada yang ditawarkan oleh e-commerce.

Beberapa keuntungan yang didapat konsumen dari bisnis di internet secara online ini adalah:

  • Seorang pembeli di internet bisa menggunakan komputer pribadinya pagi atau malam selama 24 jam sehari tanpa batasan apapun untuk membeli hampir semua barang yang ditawarkan. Ia tidak perlu cape-cape berjalan ketoko, mengantri di toko atau bahkan meninggalkan rumahnya. Ia hanya cukup mengklik produk yang ingin dibelinya, lalu memasukkan informasi yang dibutuhkan untuk proses pembelian itu seperti memasukkan nomor kartu kreditnya dan alamat rumah untuk pengiriman barang pesanan, kemudian menunggu produk itu sampai ditujuan melalui pos.

Beberapa perusahaan e-commerce telah membuat proses ini menjadi lebih mudah karena beberapa toko online menyimpan informasi kartu kredit pembelinya di server mereka, sehingga informasi yang dibutuhkan hanya dimasukkan sekali saja dan tidak perlu berulang-ulang kali. Beberapa bisnis online bahkan tidak mengirimkan produk-produknya ke pelanggan melalui pos, khususnya bagi yang menjual software komputer. Contohnya adalah beyon.com yang mengizinkan para pelanggannya untuk men-download software yang dibelinya langsung ke komputer mereka. Sangat gampang dan mudah bukan untuk membeli suatu barang dizaman sekarang ini.

  • e-commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan karena mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor dengan seabrek produk yang disediakan.
  • e-commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
  • Melalui e-commerce adalah konsumen bisa mendapatkan pengurangan biaya.  Perusahaan yang menjual saham secara online, seperti  e- trade.com membebankan biaya hanya sekitar $10 per perdagangan, yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli saham tersebut melalui perantara saham tradisional.
  • Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan konsumen melalui e-commerce adalah e-commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.

 

Jadi jika disimpulkan secara ringkas keuntungan dari e-commerce tersebut adalah sebagai berikut :

  • Bagi Konsumen:harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat saja dan kemudahan proses pembelian barang.
  • Bagi Pengelola bisnis:efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu dan tidak reppot.
  • Bagi Manajemen:peningkatan pendapatan, loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

 

Itulah keuntungan yang bisa didapatkan dari e-commerce jika dilihat dari kedua belah pihak. Pihak penjual/bisnis dan pihak konsumen/pembeli. Begitu banyak kemudahan yang didapatkan. jadi ayo buruan kita buat perdagangan online yang bisa menghasilkan untung besar. Tapi jualan apa yaaaaaaa.. Heeeeee…

Sampai jumpa di artikel yang lain yaaa n tetap semangat!!!!!