DAMPAK EUPHORIA PIALA AFF TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA DALAM BIDANG INFORMATIKA

Kejuaraan piala AFF telah dilaksanakan tanggal 1 Desember 2010 lalu dan berakhir pada tanggal 29 Desember 2010 di Lapangan Sepak Bila Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Kejuarann piala AFF yang dimenangkan oleh pihak Malaysia dengan 4-2, memang membuat kecewa para penggemar sepak bola. Tapi kekecewaan itu terobati dengan gelar sebagai pemain terbaik AFF Suzuki Cup 2010 yang diperoleh oleh Firman Utina. Mungkin menjadi runner up pada ajang piala AFF Suzuki Cup 2010 bisa lebih membangkitkan semangat para pemain sepak bola Indonesia dan menjadi awal yang bagus buat dunia persepak bolaan di Indonesia selanjutnya. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa ajang sepak bola ini telah menumbuhkan rasa cinta masyarakat Indonesia  kepada Timnas Indonesia.

 

Walaupun kemenangan itu bukanlah milik Indonesia, tapi penampilan memukau dan kelincahan dari para pemain lapangan hijau Indonesia ini telah membuat mereka menjadi lebih dikenal oleh masyarakat dan masyarakat pun rela berdesak-desakan untuk membeli tiket demi bisa melihat penampilan para pemain andalannya itu dilapangan hijau GBK dan bahkan mereka rela keluar negri (Malaysia) demi bisa menyaksikan langsung permainan para sang idola. Dulu mungkin para pemain Timnas ini kurang dikenal masyarakat, tapi sekarang banyak orang yang mengidolakan pamain Timnas Indonesia tersebut. Rata-rata semua infotaiment memberitakan tentang para pemain lapangan hijau ini. Sebut saja mereka adalah Bambang Pamungkas, Irfan Bachdim, Christian Gonzales, Firman Utina, Markus H.M, Mohammad Nasuha, Oktovianus Maniani, dan lain-lain. Bahkan sampai kehidupan pribadi mereka saja tidak lepas dari pandangan dan incaran para pencari berita. Semuanya disorot… Huuuummmmmmmm…

 

Jadi dari penjelasan diatas saja dapat dilihat bahwa euphoria piala AFF tersebut sampai sekarang masih sangat jelas terasa.

 

Pertandingan akbar piala AFF Suzuki Cup 2010 yang dihadiri oleh puluhan ribu orang ini, pasti berdampak terhadap perekonomian Indonesia, baik itu dibidang informatika dan yang lainnya.

Dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dibidang informatika adalah:

  1. Ini terlihat dengan adanya pembelian tiket secara online. Jadi setiap orang yang ingin menyaksikan penampilan sang idolanya tidak perlu berdesak-desakan lagi di GBK hanya untuk mendapatkan sebuah tiket saja.
  2. Para pendukung yang ingin mendukung idolanya pasti ingin datang dengan pernak-pernik yang berhubungan dengan bola dan sang idolanya. Jadi hal ini menciptakan lahan baru bagi sang e-commerce, yaitu berjualan pernak-pernik yang berhubungan dengan bola secara online. Ini pasti mendatangkan untung yang besar karena banyaknya permintaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan pernak-pernik bola.
  3. Dengan adanya Piala AFF ini, para pendukung negara masing-masing akan mencari informasi tentang jadwal pertandingan dengan cara online pula.
  4. Warga Asing yang datang ke Indonesia untuk menyaksikan penampilan pemain Negara mereka telah meningkatkan volume pembelian tiket pesawat di Indonesia. Pembelian tiket pesawat ini akan lebih terasa mudah jika dilakukan secara online.
  5. WNA yang datang ke Indonesia sebelumnya juga bisa memesan kamar hotel sebagai tempat menginap selama berada di Indonesia. Pemesanan kamar hotel ini juga bisa dilakukan secara online sehingga begitu sampai di Indonesia, mereka bisa langsung menuju hotel tempat mereka menginap tanpa harus bingung mencari-cari hotel lagi.

 

Semuanya dilakukan secara online sehingga omset perekonomian Indonesia pun juga bisa meningkat dengan memanfaatkan ilmu di bidang T.I.


Selain manfaat dan keuntungan yang didapat jika dilihat dari sisi T.I, pasti ada sisi negatifnya juga. Contohnya saja pada perjudian online ataupun penipuan berkedok penjualan tiket online, sehingga dapat merugikan orang banyak. Jadi jika tidak diperhatikan secara khusus oleh pemerintah dalam hal penangan kasus seperti sangsi tegas terhadap pelakunya ataupun pencetusnya yang sangat meresahkan masyarakat pada umumnya, maka banyak sekali pihak-pihak yang akan dirugikan.


Jadi dibalik semua kecannggihan teknologi yang telah memberikan banyak keuntungan, juga tak lepas dari efek negat ife yang diciptakan. Semua ada pasangannya. Ada putih pasti ada hitam, ada besar pasti ada kecil, ada tinggi pasti ada pendek, ada gemuk pasti ada kurus, ada cantik pasti ada jelek, ada positif pasti ada negatif, dan ada baik pasti ada buruk. Jadi hati-hati aja yaaaa.. Heheheeeee… (-_^)

DAMPAK EUPHORIA PIALA AFF TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA DALAM BIDANG INFORMATIKA