KEDATANGAN PRESIDEN AS BARRACK OBAMA ke INDONESIA

  1. EFEK POSITIF KEDATANGAN OBAMA KE INDONESIA DI BIDANG EKONOMI (TAMBAH INVESTASI SEBESAR 1 MILIAR DOLAR AS)

    Kedatngan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama yang telah sempat tertunda 2 kali, Pada hari selasa tanggal 09-11-2010 petang, Obama telah mendarat dan menginjakkan kakinya di bumi Indonesia yang tercinta ini, dalam rangka kunjungan kerjanya ke sejumlah Negara di Asia. Banyak kontraversi yang muncul. Ada yang protes tidak setuju dan ada juga yang setuju. Kedatangan Obama yang dulu pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesi, tepatnya di Menteng Jakarta memang sudah lama ditunggu-tunggu. Jadi pantas saja jika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyambut dengan hangat kedatangan Presiden Barrack Obama di Istana Merdeka Jakarta Selasa petang kemarin. Kedatangan Presiden Amerika Serikat pertama dari kulit hitam ke Indonesia ini, memiliki hidden agenda ekonomi, yang mirip dengan politik dari pemerintahan AS seperti demokrasi-nya itu sendiri. Sebelum dating ke Indonesia, Pemerintahan Presiden Barrack Obama telah menyatakan komitmennya untuk menanamkan investasi dalam bentuk infrastruktur di sektor pendidikan, lingkungan (penanggulangan dampak perubahan iklim) dan energi (pertambangan) yang mencapai $28,7 milyar. Paling tidak saat ini ada sekitar 32 proyek dari AS di Indonesia dengan izin usaha tetap, dengan nilai investasi diperkirakan sebesar US$ 145, 6 juta .

    Dari sini dapat dilihat bahwa ada satu efek (dampak) positif dari kedatangan presiden Obama ke Indonesia terhadap perekonomian Indonesia. Walaupun sebenarnya Indonesia tidak berharap banyak dari hal tersebut karena ekonomi AS yang sedang dalam masa recovery (pemulihan) ekonomi. Tapi hal pemulihan itulah yang membuat AS menanamkan investasi ke Indonesia. Seti­dak­nya 1 miliar dolar AS bisa di­kan­tongi oleh pemerintah Indonesia dalam kunjungan kenegaraan tersebut. Apalagi terget pertum­buhan ekonomi Indonesia tahun ini ter­tinggi di ASEAN, yakni se­kitar enam persen. Sebenarnya perhatian AS di kawasan Asia Tenggara bukanlah kepada Indonesia, melainkan lebih diarahkan untuk menghadapi semakin besarnya kekuatan Cina di berbagai bidang, karena AS memprediksikan Cina dapat menjadi negara yang paling berpengaruh setelah AS dalam 20 tahun kedepan. Hal ini menjadi penting mengingat Indonesia, dan negara-negara di Asia Tenggara, telah melakukan Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN-China pada 2010. AS saat ini yang tengah kewalahan akibat banjirnya produk China di pasar Asia mendorong Presiden Amerika Serikat Barack Obama bertekad lebih keras untuk menekan Cina agar negeri itu membuka pasarnya untuk produk-produk Amerika Serikat. Obama diprediksi akan mengembangkan pasar ekspor AS ke Indonesia, yang saat ini dibanjiri produk China. Prioritas dari Obama sebenarnya adalah menyelamatkan pekerja dan petani AS. Petani AS sekarang ini telah disubsidi 300 milyar US dollar untuk memenuhi kebutuhan domestik Indonesia, seperti gandum, kedelai, daging, telor, susu, sayuran, gula, bahkan garam.

    Indonesia punya peran penting dalam mengatasi persoalan krisis ekonomi global AS sekarang ini, oleh karena itu Indonesia adalah salah satu negara yang perlu mendapat perhatian dari AS. AS melihat Indonesia sebagai negara yang memiliki posisi penting bagi kepentingan nasionalnya. Apalagi bila terkait dengan fakta bahwa Indonesia menduduki peringkat keempat negara di dunia dalam hal jumlah penduduknya yang hampir mencapai 300 juta jiwa dengan potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa, terutama di bidang energi. Agenda lain dari AS tentu saja adalah mengamankan pasokan energinya. Ini berkaitan dengan lahapnya rakyat AS, yang populasinya hanya 5% penduduk dunia, tapi  mengkonsumsi sedikitnya 25% energi fosil dunia. AS sekarang telah menguasai tambang emas terbesar di dunia, Freeport, minyak di Aceh, dan sekarang Exxon di Cepu, dan sejumlah sumber daya alam lainnya, yang mempunyai nilai strategis. Oleh karena itu, Perdagangan bilateral antara AS dan Indonesia adalah inti utama kunjungan Obama nanti ke Indonesia. Perdagangan antar RI-AS mengalami kenaikan yang signifikan dari 18,5 miliar dollar AS (2008) menjadi 22,1 miliar dollar AS (Januari – November 2009). Jadi disini jelaslah sudah bahwa kedatangan Obama membawa dampak baik bagi perekonomian di Indonesia.

    Selain ekonomi, dibidang kemiliteran, kedatangan Obama juga dinilai untuk memperbaiki citra AS di mata dunia Islam. Indonesia menjadi panggung Amerika untuk perbaikan citra, meski di OKI, pengaruh Indonesia masih kalah oleh Malaysia atau Mesir. “Obama membutuhkan Indonesia untuk memperbaiki citra AS di dunia Islam. Indonesia negara mayoritas muslim terbesar di dunia, meski pengaruh Indonesia di OKI kurang kuat gaung politiknya dibanding Malaysia atau Mesir,” katanya. Tapi intinya Obama ingin memperbaiki citra AS di mata dunia Islam karena selama ini As terkenal tidak bersahabat dengan muslim.

  2. EFEK NEGATIF KEDATANGAN OBAMA KE INDONESIA DI BIDANG EKONOMI

    Bicara soal dampak negatif dari kedatangan Obama ke Indonesia ini, bisa dilihat dari dampak positifnya yang telah dijabarkan di atas tadi. AS srikat yang inngin melebarkan sayap perdagangannya ke Indonesia, akan membuat Indonesia semakin berada dibawah ketiak AS. Seperti yang telah dirasakan sekarang saja, produk cina yang telah mendominasi dalam perdagangan Indonesia membuat Negara Indonesia seperti Negara Cina. Dimana-mana ditemukan produk cina. Orang Indonesia yang berada di negaranya sendiri serasa berada di negara orang lain. Indonesia seperti berada dibawak ketiak cina. Nah sekarang hal yang sama juga akan berlaku jika produk AS berkembang pesat di Indonesia. Indonesia tetap berada dibawah ketiak Negara lain. Kemaren dibawah ketiak cina, sekarang AS deh. Segala sesuatunya pasti ada imbas baliknya.

 

 

MELETUSNYA GUNUNG BERAPI

Sungguh miris, semuanya hancur begitu saja, hilang tanpa jejak siapa yang menyangka kuasa Allah. Semua biasa terjadi hanya dalam sekejap mata saja. Dua bencana telah terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan. Bencana yang menimbulkan luka yang sangat mendalam bagi Indonesia dan kita semua melihat betapa sedihnya nasib sodara-sodara kita yang kehilangan tempat tingal dan keluarganya, Ujian sabar pun harus lebih extra di terapkan di hati yang lapang. Ratusan nyawa melayang tak mampu bertahan dari dahsyatnya sang Merapi. Tragedi ini tidak hanya menjadi keprihatinan bangsa Indonesia, dunia juga turut merasakan penderitaan saudara kita di Merapi sana. Ucapan keprihatinan terus mengalir dari saudara kita di belahan lain dunia ini. Bantuan terus mengalir untuk meringankan saudara kita yang sedang menderita diterpa bencana. Jika Allah suah berkehndak, apapun bisa terjadi. Allah yang Maha Penguasa, pemilik langit dan  bumi dan penentu hidup manusia dimana awal dan dimana akhirnya. Semua terjadi karena kuasa-Nya..

Mbah Maridjan yang ditemukan wafat di dapur rumahnya dalam posisi sujud pukul 05.00 WIB, Rabu (27/10/2010). Tubuh sang juru kunci Gunung Merapi itu terkena luka bakar akibat awan panas. Sebelumnya terdengar kabar bahwa mbah maridjan selamat dari letusan gunung berapi dalam kondisi yang lemah. Tapi ternyata keesokan harinya, mbah maridjan ditemukan wafat didalam rumahnya. Jenazah Mbah Maridjan kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Dr Sarjito Yogyakarta.

Rumah Mbah Maridjan yang terletak di Dukuh Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman hanya berjarak 5 km dari puncak letusan Gunung Merapi. Kemarin malam, Mbah Maridjan sempat ditemui tim evakuasi dan diajak meninggalkan rumahnya, tapi ternyata ia menolaknya. Sebagai juru kunci, Mbah Maridjan tak pernah mau meninggalkan Gunung Merapi. Juru kunci bergelar Mas Panewu Suraksohargo yang telah berusia 83 tahun ini pernah mengatakan, “Kalau saya ikut ngungsi akan ditertawakan anak ayam”. Selain itu Mbah Maridjan juga bilang bahwa “Merapi tidak akan melakukan sesuatu”. Keyakinan kuat itulah yang membuat Mbah Maridjan tidak mau diajak mengungsi. Mungkin semua sudah tadir yang Kuasa. Semua sudah diatur sedemikian rupa, hanya saja kita sebagai manusia tidak ada yang mengetahuinya.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta merilis kronologi letusan Gunung Merapi yang terjadi Selasa (26/10/2010). BPPTK mencatat sejak pukul 17.02, gunung Merapi mulai mengeluarkan awan panas. Arah luncuran awan panas ke sektor barat-barat daya dan sektor selatan tenggara. Terjadinya luncuran awan panas beberapa kali terekam pada menit-menit berikutnya dengan durasi waktu antara 2 menit hingga paling lama terjadi selama 33 menit. Pada pukul 18.54 aktifitas awan panas mereda.

Ternyata Merapi menepati janjinya, petugas di pos pengamatan melaporkan mendengar ada suara gemuruh pada pukul 18.45 dari Pos Jrakah dan Pos Selo dan terjadi suara dentuman tiga kali. Bahkan dilaporkan dari pos pengamatan Selo terlihat nyala api bersama kolom asap membubung ke atas setinggi 1,5 kilometer dari puncak. Masa krisis Merapi masih belum lewat, pemantauan dari alat seismik yang masih bisa memantau masih tetap dilakukan. Radius awan panas belum terpantau karena cuaca tak memungkinkan pemantauan visual.

 

  • EFEK POSITIF MELETUSNYA GUNUNG BERAPI DIBIDANG EKONOMI
  1. Seperti yang kita bersama ketahui, bahwa tanah yang setelah kena letusan gunung berapi, pasti disekitar gunung tersebut tanahnya subur. Jadi tempat tersebut bisa dipakai untuk membuka lahan pertanian yang baru dengan hasil panen yang bagus, karena tanahnya juga subur.
  2. Membuka lapangan pekerjaan yang baru bagi sukarelawan. Tapi lapangan pekerjaan ini hanya bersifat sementara saja hingga keadaan kembali normal seperti biasa lagi.
  3. Selain itu, wartawan yang suka memburu berita juga bias mendapatkan informasi dan berita yang hangat. Karena bencana ini bukanlah bencana yang sekali iput langsung selesai. Masyarakat pasti ingin slalu tau bagai mana perkembangan korban dan peristiwa dari letusan gunung berapi ini. Peristiwa ini akan dibahas dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga wartawan selalu berusaha untuk mencari berita baru yang terhangat untuk disajikan kepada pemirsa yang tentunya berita bencana ini sangat ditunggu-tunggu.
  4. Tak kalah pentingnya, bencana ini pasti mengundang banyak perhatian. Terutama dari pandangan dunia. Indonesia akan dilirik oleh semua kaun dan manusia yang ada di semua pelosok dunia. Indonesia akan menjadi sorotan dan mendapat perhatian khusus.

 

  • EFEK NEGATIF MELETUSNYA GUNUNG BERAPI DIBIDANG EKONOMI
  1. Pagi tanggal 5 November 2010 Candi borobudur tampak putih kehitaman, terkena campuran pasir hitam dan abu vulkanik gunung merapi, akibat letusan dahsyat yang terjadi jumat malam. Ketebalan abu yang sebelumnya hanya dalam hitungan millimetre saja, sekarang telah mencapai sekitar 2,5 centimeter, dan tidak layak untuk di kunjungi oleh obyek wisata, sehingga Candi Borobudur di tutup total. Penutupan akan dilakukan sampai proses pembersihan tuntas dilaksanakan, diperkirakan membutuhkan waktu yang lama dan belum bisa ditentukan. Nah inilah yang membuat penurunan pendapatan ekonomi di Indonesia. Lihatlah gambar stupa yang tertutup abu vulkanik dibawah ini :
  2. Semakin banyaknya pengangguran di Indonesia karena penduduk yang tertimpa musibah Letusan Gunung Berapi kehilangan mata pencahariaannya sehari-hari. Tempat tinggal saja sudah tidak punya, tinggal juga di pengungsian n barang-barang mereka habis semuanya. Pekerjaanan pun juga sudah tidak ada. Mereka yang awalnya bekerja disekitar daerah gunng merapi, sekarang sudah tidak ada tempat lagi untuk mereka bekerja karena semua tempat telah dipenuhi dengan abu vulkanik dan banyak bebatuan. Jadi secara otomatis, mereka sudah tidak punya pekerjaan lagi dan akhirnya menjadi penganggurang. Dengan begitu, semakin bertambah saja tingkat pengangguran di Indonesia.
  3. Banyak sawah dan ladang yang tertimbun abu vulkanik dan bebatuan, sehingga banyak pula hasil sawah dan lading yang ludes terkena bencana ini. Semuanya habis dan para petani pun tidak bisa panen yang dampaknya dapat mengurangi pendapatan perkapita penduduk Indonesia.
  4. Selain sawah dan lading, ternak-ternak pun ikut-ikutan habis terkena musibah ledakan gunung berapi ini. Ternak-ternak yang diharapkan bias membantu perekonomian masyarakat, kini sudah tinggal kenangan saja. Semua habis bersama harta yang lainnya. Kebun, sawah, ternak, kolam, rumah dan yang lainnya habis sudah.

 

Itulah efek baik buruk nya dari kedatangan obama dan meletusnya gunung berapi. Semoga bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua dan lebih menghargai hidup ini. Ternyata diluar sana masih banyak hidup sodara-sodara kita yang susah yang masih membutuhkan uluran bantuan demi kelangsungan hidupnya. Dan jagalah bumi ini dengan sebaik-baiknya, jangan sampai Tuhan marah dengan kita dan menghancurkan bumi ini dengan mendatangkan musibah-musibah yang lainnya. Jangan sampai ya Allah..  Amin Ya Robbal Alamin!!

 

Referensi: