Fantastis..!!! Teknologi berkembang pesat saja. Semakin hari teknologi semakin bertambah canggih dan spektakuler saja. Hal yang dulu dikira tidak mungkin ada, kini smuanya telah mungkin dipikir dengan otak. Smuanya telah ada didepan mata.

Dahulunya, komputer hanya berupa Tabung hampa udara saja sebagai penguat sinyal. Itu merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin. Dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yaitu ENIAC berhasil dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton, Sehingga ukurannya begitu besar dan membutuhkan satu ruang tersendiri.

Pada generasi kedua, komputer sudah menggunakan transistor sebagai penguat sinyal dimana transistor memiliki banyak keunggulan, yaitu tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas, sehingga komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: “basic”, “collector” dan “emmiter”. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Contoh dari komputer generasi kedua ini adalah IBM 7090, IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

Komputer generasi ketiga ini sudah menggunakan IC-Chip (Integreted Circuit). IC-Chip ini merupakan gabungan dari ribuan transistor sehingga dikemas dalam bentuk yang sangat kecil seperti Secuil silicium yang mempunyai ukuran beberapa milimeter saja. Konsep ini pun menjadi semakain kecil dan semakin murah dari transistor. Contoh komputer generasi ketiga ini adalah IBM S-360 yang diperkenalkan pada tahn 1964.

Pada generasi keempat, ribuan IC sudah dipadatkan kedalam sebuah chip yang disebut dnegan microprocessor. Harga komputer generasi ini pun semakin murah karena bentuknya yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat. Microprocessor ini merupakan awal kelahiran komputer personal. Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004. Contoh komputer generasi keempat ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer. selanjutnya muncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 yang menggunakan 64Kb RAM standard.

Pada generasi selanjutnya berkembanglah kepada komputer yang menggunakan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor.

Dan terlihat dari hari ke hari, komputer selalu saja berkembang. Hingga munculnya laptop dengan 3 layar seperti lemari, seperti paper dan seperti buku.

Gambar-gambar dibawah ini merupakan gambar teknologi komputer yang akan dirilis pada tahun 2010 mendatang, jika dilihat dari bentuk dan kecanggihannya memang teknologi yang akan datang di tahun 2010 sangat-sangatlah fantastis. Misalnya:



TriBook dengan tiga konsep layar ultra lebar yaitu 21’ lebar layar. Ia juga memiliki sebuah 8x SuperDrive, 1TB harddisk, dan MacBook Pro-calibre CPU, plus sebuah keyboard multitouch trackpad.

Laptop yang berikut ini juga merupakan laptop generasi masa depan. Dibuat oleh industri desainer Jerman Felix Schmidberger. Modelnya classy, elegan, futuristik laptop yang menggunakan OLED touchscreen.

Nah yang berikut ini sepertinya lebih tepat disebut dengan Paper PC karena bentuknya yang seperti lembaran kertas, berupa layar sebagai antar muka dan dilengkapi pena untuk mengoperasikannya dengan cara touch screen. Model ini didesain oleh Avery Holleman.

Yang satu ini mempunyai dua layar dengan desain mirip buku, pendesain lebih suka jika model ini disebut dengan Digital Book. Prototipe dari XO-2 dan One Laptop Per Child (OLPC).

Keren bukaaaaann!!!

Ajib dah..

Hmmm, mau tau perkembangan teknologi selanjutnya, sabar yak..

Heheeeeee…